jump to navigation

Ilmu tanpa Agama Buta, Agama Tanpa Ilmu Lumpuh 17 Maret 2009

Posted by withpras in Muhasabah.
trackback

einstein1
Jika ditanya oleh seorang petugas sensus berapa jumlah pemeluk agama Islam di negeri ini, kita akan menyodorkan angka yang fantastis sekitar 80 % penduduk Indonesia memeluk agama tersebut. Tetapi jika pertanyaan tadi dikembangkan misalnya, dari 80% tersebut, berapa yang bisa membaca Al Qur’an, mengetahui artinya atau telah mengamalkan Al Qur’an agar bersesuaian dalam kehidupan kita?

Tentu saja angka-angka tersebut semakin mengerucut dan mengecil tak sampai 1 %. Kenyataan itu memang terjadi di negara yang mayoritasnya memeluk Islam sampai-sampai seorang petinggi dari kalangan musuh sangat hafal dengan kelemahan Islam merencanakan sebuah strategi yang jitu untuk menghancurkan Islam
“Buatlah masjid semegah mungkin, adakan lomba-lomba membaca Al Qur’an atau seni Al Qur’an, bangkitkan tradisi-tradisi yang bukan dari ajaran Islam, buatlah sesemarak mungkin agar mereka terlena. Tetapi jauhkan umat Islam dari nilai-nilai islam yang sebenarnya, nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an dan sunnah”
Nah lo, makanya kita sebenarnya tidak sadar kalau diri kita sedang terjebak dalam perangkap musuh. Berbagai ritual keagamaan yang kita lakukan tak ubahnya menepuk air hingga terpercik ke muka sendiri, sia-sia saja karena tak pernah didukung oleh sumber-sumber yang sahih
Albert Einstein, seorang ilmuwan Yahudi pernah mengatakan “ilmu tanpa agama buta, agama tanpa ilmu lumpuh” Ada dua entry point disini pertama tentang pentingnya agama untuk melambari ilmu pengetahuan dan yang kedua perlunya ilmu dalam pengamalan agama.
Ikhwan rahimakumullah, betapa banyak dari kita beramal tanpa didasari ilmu pengetahuan yang cukup, padahal setiap ibadah yang kita lakukan haruslah berada dalam tuntunan ilmu yang cukup. Makanya mulai sekarang, yuk kita budayakan tradisi beramal dengan dilandasi tuntunan. Semoga.

About these ads

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: