jump to navigation

Golongan Darah Menentukan Takdir Anda 14 Maret 2009

Posted by withpras in Mitos.
trackback

ibu dan anak yang terlihat mesra

Percayakah Anda, di Jepang golongan darah bisa menentukan nasib atau kepribadian seseorang. Virus ini sudah mewabah sampai-sampai seseorang yang akan menikah, melamar pekerjaan atau pemilihan presidenpun pertanyaan mendasar yang dikatakan pada mereka adalah, Apa golongan darahmu?

Apa golongan darah anda, tentu di Indonesia tidak begitu diperhatikan, tetapi di Jepang, golongan darah seseorang dengan orang lainnya bisa jadi masalah besar karena mencakup kepribadian dan nasib seseorang. Setidak-tidaknya hal itulah yang terjadi, sebab hubungan antara golongan darah dengan karakter kepribadian atau nasib seseorang menjadi buku laris nomor satu di Jepang. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Awal mula
Adalah Furugawa Takeji yang memperkenalkannya pertama kali di tahun 1933 yang melihat kepribadian seseorang dari sisi golongan darah seperti lazimnya kita melihat kepribadian seseorang dari horoskop seperti yang sering kita jumpai.
Kemudian di tahun 1970-an. Masahiko Nomi, seorang pengacara tanpa latar belakang kedokteran menciptakan “teori daya tarik massal”. Anaknya, Toshitaka, kini mempromosikannya melalui kelompok swasta bernama Human Science ABO Center. Menurut Toshitaka, pemahaman tentang golongan darah ini bukan untuk membeda-bedakan orang, namun membantu masyarakat menyelaraskan hubungan antara anggotanya dan membantu dunia bisnis mengeksploitasi bakat-bakat terbaik para personelnya.
Pada akhirnya, dari situ berkembanglah sebuah wabah yang melanda Jepang akhir-akhir ini, yakni buku tentang golongan darah. Bukan dalam kaitannya dengan penyakit, namun golongan darah sebagai teropong kepribadian seseorang. Karena itu, di negeri sakura ini, golongan darah menjadi penentu penting untuk mendapatkan pekerjaan dan bahkan untuk menikah Menurut penerbit buku tentang golongan darah itu, Bungeisha, buku-buku itu secara total terjual di atas 5 juta eksemplar tahun lalu saja. Bungeisha menerbitkan buku khusus untuk masing-masing golongan darah, baik A, B, AB, maupun O.

Sifat dari Golongan Darah
Para pemilik golongan darah A, misalnya, digambarkan sebagai seorang perfeksionis sensitif, namun cenderung mudah gelisah. Pemilik golongan darah B biasanya tampil gembira, namun juga eksentrik dan cenderung mementingkan dirinya sendiri. Bila Anda pemilik golongan darah O, buku-buku itu menyebut Anda sebagai orang dengan sifat sangat ingin tahu, dermawan, namun juga keras kepala. Sementara mereka yang golongan darah AB memiliki jiwa seni, misterius, dan tak terduga.
Mewabah
Asal tahu saja, Perdana Menteri (PM) Jepang Taro Aso pun tampaknya menganggap penting golongan darah ini. Di situs resmi pribadinya, Aso mengumumkan bahwa dirinya memiliki golongan darah A. Sementara pemimpin kelompok oposisi, Ichiro Ozawa, memiliki golongan darah B.
Keingintahuan yang sangat besar terhadap golongan darah kepribadian pemiliknya membuat golongan darah masuk ke dalam berbagai sektor. Permainan Nintendo DS, misalnya, kini memasukkan unsur golongan darah. Sejumlah butik kini menyediakan paket busana dan asesori sesuai dengan golongan darah pelanggan. Televisi pun tak mau kalah. Mereka menayangkan acara komedi tentang seorang wanita yang mencari calon suami sesuai golongan darahnya.
Contoh lain kegilaan masyarakat Jepang terhadap golongan darah adalah, anak-anak TK kini dipisah kelasnya berdasarkan golongan darah masing-masing. Tim softball wanita Jepang yang meraih emas di Olimpiade Beijing menggunakan teori kepribadian manusia berdasar golongan darah ini untuk menciptakan pola latihan yang berbeda bagi masing-masing pemain. Tentu pola latihan itu disesuaikan dengan golongan darah mereka.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: